Perusahaan Pulp & Paper Terbesar di Indonesia

Sumber : Perusahaan Pulp & Paper (pelitabaru)

Industri Kertas dan Pulp merupakan salah satu Industri Unggulan milik Indonesia yang memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk terus dikembangkan dan menjadi andalan Indonesia untuk meraih devisa negara yang tinggi. Melimpahnya bahan baku yang tersedia menjadikan Indonesia sebagai produsen terbesar di ASEAN dan ketiga di ASIA.

Tingginya permintaan tersebuat membuat meningkatnya investasi pada Sektor Pulp & Paper dengan Pembangunan pabrik kertas baru untuk meningkatkan kapasitas produksinya.

Berikut adalah beberapa profil perusahaan Pulp & Paper Terbesar di Indonesia. Silakan simak selengkapnya pada artikel berikut.

  1. PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk

PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk merupakan Bagian Dari Sinar Mas Group yang didirikan pada tanggal 2 Oktober 1972. Pada tahun 1990, saham perusahaan ini mulai mencatat di Bursa Efek Indonesia. Saat ini Pabrik Kertas Tjiwi Kimia merupakan salah satu Perusahaan Pulp & Paper terbesar di Indonesia dan Dunia.

Perusahaan ini mulai beroperasi secara komersial tahun 1977, pada awal berdirinya Perusahaan memproduksi berbagai jenis kertas dan turunannya seperti fotocopy, coated dan carbonless. Selain itu, juga memproduksi beragam jenis stationery dan produk perlengkapan kantor seperti buku tulis, memo, notepad, loose leaf, spiral, amplop, kertas komputer, kertas kado, shopping bag dan produk fancy yang diminati pasar internasional.

2. PT Suparma Tbk

Perusahaan ini didirikan pada 1976 dengan nama PT Supar Inpama, kemudian berubah menjadi PT Suparma tanggal 7 Desember 1978. PT Suparma bergerak dalam industri kertas dan kertas kemasan yang memproduksi berbagai jenis kertas yang diklasifikasikan dalam 2 kelompok besar yaitu :

Industrial Products (Kertas Industri) Merupakan jenis kertas yang digunakan untuk konsumsi keperluan industri untuk diproses lebih lanjut, antara lain, Duplex Board, Sandwich Kraft, Samson Kraft dan Base Paper.

Consumer Products Merupakan jenis kertas tipis dan ringan yang digunakan untuk konsumsi keperluan end users (pengguna akhir) sebagai alat pembersih, penyerap atau pembungkus, antara lain, Tissue Paper dan Towel Paper, Laminated Wrapping Kraft serta Writing & Printing Paper.

‍3. PT Fajar Surya Wisesa Tbk

PT Fajar Surya Wisesa Tbk (yang juga dikenal dengan nama Fajar Paper) didirikan pada 1988 oleh Winarko Sulistyo dan Airlangga Hartarto (kini menjabat Menko Perekonomian RI) .

FajarPaper adalah produsen kertas kemasan terkemuka di Indonesia. Fajar Paper memproduksi dan menjual kertas kemasan baik di dalam negeri maupun di pasar ekspor. Fajar Paper fokus memproduksi kertas kemasan berkualitas dengan biaya rendah dan terjangkau.

4. PT Alkindo Naratama Tbk

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1989. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini berupa bobbin berkapasitas 35.000 ton pertahun. Bobbin adalah produk dari kertas karton yang digunakan untuk industri benang tekstil. Bobbin yang diproduksi perusahaan ini berupa papertube untuk menggulung benang tipe DTY (Draw Texture Yarn) dan POY (Partially Oriented Yarn). Bobbin tersebut berbahan baku kertas core board yang merupakan hasil daur ulang kertas bekas.

Pada tahun 2007 perusahaan ini menambah jenis produksinya berupa honeycomb, papercomb, dan edge protector serta produk varian yang terbuat dari gabungan honeycomb dan edge protector.

Baca Juga : Check Valve – Yuk Kita Bahas mengenai Check Valve

5. PT Adiprima Suraprinta

PT Adiprima Suraprinta didirikan di Surabaya, Jawa Timur tahun 1994 oleh Eric F.H.Samola dan Dahlan Iskan. Seluruh saham perusahaan ini dikendalikan oleh PT Jawa Pos dan Mr. Tan Endro Bintoro. Pada bulan Desember 2004 Mr. Tan Endro Bintoro mengundurkan diri dan kemudian seluruh saham perusahaan ini dimiliki oleh PT Temprina Media Grafika.

PT Adiprima Suraprinta adalah anak perusahaan dari Jawa Pos Group, group bisnis besar di bidang media publikasi yang dipimpin oleh Mr. Drs. Haji Dahlan Iskan. Perusahaan ini bergerak dalam industri kertas Koran dengan pabriknya yang berlokasi di atas lahan seluas 8 ha di Desa Sumangko, Wringinanom, Gresik, Jawa Timur.

Baca Juga : Distributor VTV Valve di Indonesia

Ingin Operasional Pabrik Pulp & Paper anda berjalan lancar? Ingin Valve & Instrument dengan Harga bersahabat dan Kualitas Terbaik? Langsung aja beli di BJMSONLINE.com

BJMS Online merupakan Platform Jualan Online Valve & Instrument Terbesar dan Terpercaya di Indonesia. Kami memiliki misi untuk memberikanmu kemudahan dalam melakukan pemesanan produk kami secara Aman dan Instan


Butuh Valve & Instrument untuk Pabrik Pulp & Paper anda yang pastinya Murah dan Safety?

Scan Barcode dibawah untuk menghubungi Team Berpengalaman dari BJMS sekarang!

Check Valve