Safety Valve – Apa Sih Itu Safety Valve

Safety Valve – Apa Sih Itu Safety Valve

Tentunya sobat BJMS tidak asing dengan Alat satu ini, nah di artikel ini kita akan membahas mengenai cara kerja valve berikut!

Apa itu Safety Valve?

Safety valve mempunyai perbedaan yang signifikan dengan valve lainnya. Ia memiliki kegunaan untuk mempertahankan tekanan yang akan di distribusikan sistem pipa/selang pemadam kebakaran agar tidak melebihi kemampuan tekanan yang di harapkan oleh enginerring fire pump.

Valve jenis ini memiliki keunikan karena di desain secara khusus untuk melepaskan tekanan berlebih yang ada di equipment dan sistem perpipaan pada jaringan hydrant. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada equipment, dan lebih penting lagi untuk menghindari kecelakaan kerja di pabrik. Karena tekanan atau temperatur yang diterima oleh safety valve ketika melebihi batas yang telah yang telah ditetapkan, maka valve ini akan melepaskan kenaikan tekanan sebelum menjadi tekanan lebih ekstrim.

‘Cara Kerja Safety Valve pada sistem perpipaan’

Material yang digunakan untuk pegas valve berikut terbuat dari steel. Valve jenis ini akan yang secara otomatis akan terbuka jika tekanan mencapai level terlalu tinggi (abnormal). Level tekanan pada valve ini bisa diatur sesuai dengan kemampuan jaringan yang akan telah di pasang, sehingga bisa ditentukan pada level tekanan berapa valve ini akan terbuka. Ketika tekanan kembali normal, Valve ini secara otomatis akan tertutup kembali ke awal.

Permasalahan pada Safety Valve dan Solusi untuk Memperbaikinya!

Disini kita akan membahas tentang masalah yang dapat mempengaruhi cara kerja safety valve tidak berjalan dengan optimal dan solusinya:

  1. Kebocoran pada Valve (Leak)

Alasan mengapa Valve ini tidak berjalan secara optimal adalah karena terjadinya kebocoran (leak).Bagian yang paling sering terjadi kebocoran adalah pada bagian packing gland. Hal ini bisa diatasi dengan mengecangkan gland nut dan memeriksa kembali putaran handwheel, karena setelah mengencangkan gland nut maka akan terjadi gesekan antara packing dengan stem menyebabkan handwell susah di gerakkan. Kebocoran juga seringkali terjadi di bagian sambungan body, bonnet, dan sekitar flange.

Baca Juga : WIKA Pressure Gauge – Mau Tau Guna Pressure Gauge?

2.Kerusakan fisik

Operasional Valve ini dapat tidak berjalan dengan baik kemungkinan diakibatkan adanya kerusakan fisik pada valve tersebut. Oleh karena itu pengecekan fisik pada valve sangat penting dilakukan sebelum adanya perlakukan yang lebih jauh.

Pemberian Pelumas

Pemberian pelumas pada valve terutama pada stem, sangat penting untuk menjaga ketahanan valve. Sehingga kerusakan valve dapat di minimalisir agar cara kerja safety valve tetap berjalan dengan optimal.

PT Budijaya Makmursentosa menyediakan berbagai jenis Safety Valve dengan berbagai jenis material dan connection untuk memenuhi kebutuhan pabrik anda.

Ketahui kami lebih lanjut di : Klik disini

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *