Provinsi Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

Provinsi Penghasil Kelapa Sawit (CNBC Indonesia)

Indonesia terkenal sebagai produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia. sangat banyak kebutuhan pokok yang bisa dihasilkan dari Minyak kelapa sawit seperti minyak goreng dan berbagai olahan seperti sabun , dll.

Pohon sawit banyak ditanam karena bisa dimanfaatkan jadi minyak goreng hingga bahan bakar nabati. Dihimpun dari berbagai sumber, Komoditas kelapa sawit tercatat dibudidayakan di 26 provinsi di berbagai daerah di Indonesia. Banyak Rakyat Indonesia yang menggantungkan hidupnya dalam industri kelapa sawit ini.

Dalam Artikel berikut , Kita akan membahas mengenai daftar Provinsi dengan perkebunan kelapa sawit Terbesar dan terluas di Indonesia:

  1. Riau

Riau menempati peringkat pertama sebagai provinsi dengan kebun kelapa sawit terluas di Indonesia, luasnya juga cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Mengutip data dari BPS, luas lahan sawit di tahun 2019 mencapai 2.741,50 hektar, lalu di tahun berikutnya meningkat menjadi 2.853,80 hektar dan yang terakhir pada 2021 meningkat kembali sebesar 2.860,80 hektar.

Riau juga dikenal sebagai salah satu provinsi terbesar untuk industri kelapa sawit dengan Sawit menjadi salah satu komoditas unggulan dari Provinsi tersebut.

Baca Juga : Penghasil Pulp & Paper Terbesar di Dunia

2. Kalimantan Barat

Kini berpindah ke Pulau Kalimantan , Kalimantan Barat menduduki peringkat kedua dalam provinsi dengan perkebunan kelapa sawit terbesar dengan luas lahan mencapai 2.017.456 hektar di tahun 2019, kemudian mengutip dari untan.ac.id, luas lahan sawit di Kalimantan Barat pada 2022 meningkat sebesar 2.039.203 hektar.

‍3.  Kalimantan Tengah

Menyusul Kalimantan Barat, di posisi ketiga ada Kalimantan Tengah. Salah satu daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Kalimantan Tengah adalah Kabupaten Kotawaringin. Luas lahannya sendiri pada tahun 2020 mencapai 2.018.000 hektar.

4. Sumatera Utara

Kelapa sawit sendiri menjadi komoditas unggulan di Provinsi Sumatera Utara, Provinsi ini juga semakin mengembangkan kegiatan ekspor kelapa sawit yang terbukti naik dari tahun ke tahun. Luas perkebunan sawit di Sumatera Utara sendiri mencapai 1.373.273 hektar.

5. Kalimantan Timur

Lagi – lagi Kalimantan menjadi provinsi terluas perkebunan kelapa sawit dengan luas mencapai 1.254.224 hektar. Indutri kelapa sawit terbesar di Kalimantan Timur sendiri diduduki oleh Kabupaten Kutai Timur.

Baca Juga : Distributor VTV Valve di Indonesia

Ingin Efisiensi pada Produksi Kelapa Sawit anda? Ingin Valve & Instrument dengan Kualitas Terjamin dan Pasti Pas? Langsung aja beli di BJMSONLINE.com

BJMS Online merupakan Platform Jualan Online Valve & Instrument Terbesar dan Terpercaya di Indonesia. Kami memiliki misi untuk memberikanmu kemudahan dalam melakukan pemesanan produk kami secara Aman dan Instan


Butuh Valve & Instrument untuk Pabrik Kelapa Sawit anda yang pastinya Berkualitas dan Murah?

Scan Barcode dibawah untuk menghubungi Team Berpengalaman dari BJMS sekarang!

Check Valve