Perbedaan Drat NPT & BSP

Perbedaan NPT dan BSP (Intesista)

Perbedaan Antara Connection NPT, BSPP dan BSPT

Dalam drat Pressure Gauge , Perbedaan NPT dan BSP sangat menentukan dalam pipe system. Sistem tekanan dalam industri proses menggunakan cara penyegelan yang berbeda tergantung pada wilayah geografis, ukuran sistem tekanan dan lingkungan. Ada perbedaan regional dalam jenis penyegelan serta preferensi industri.

Baca Juga : WIKA Pressure Gauge – Mau Tau Guna Pressure Gauge?

Dalam Penggunaannya dalam berbagai industri ,  adaptor BSPP lebih sering digunakan untuk sistem pipa perkapalan. Sementara itu,  banyak aplikasi di industri minyak dan gas mayoritas menggunakan fitting NPT. Sementara satu gaya penyegelan tidak secara inheren lebih baik dari yang lain, setiap gaya memiliki penerapannya.

Koneksi NPT

Seal NPT (National Pipe Thread) adalah jenis seal paling populer untuk sistem kalibrasi tekanan di AS dan Kanada. Adaptor NPT Male memiliki ulir lancip yang masuk ke adaptor NPT Female. Mereka menyegel karena “prinsip kebulatan” sampai ada begitu banyak kekuatan bahwa sambungan dapat menahan tekanan.

Contoh : NPT Connection

Salah satu tantangan dengan desain ini adalah jika Anda menyambungkan baja tahan karat ke baja tahan karat, pengencangan yang berlebihan atau pelumasan yang buruk dapat menyebabkan kerusakan dan kerusakan pada ulir. Sealant ulir diperlukan untuk menyegel tetapi hanya 2 putaran sealant ulir yang diperlukan.

Lebih dari itu dan segel bisa bocor di sekitar sealant benang. Instrumen memiliki berbagai macam adaptor NPT pria, adaptor NPT quick-disconnect pria, adaptor kalibrator NPT pria, adaptor NPT wanita, adaptor pengukur NPT wanita, dan adaptor pengukur NPT pemutus cepat wanita.

BSPT Connection

Contoh : BSP Connection

BSPT (British Standard Pipe Thread) mirip dengan NPT kecuali satu perbedaan penting. Sudut melintasi sisi-sisi benang (jika Anda memotong fitting menjadi dua bagian panjang dan mengukur sudut dari akar ke puncak ke akar) adalah 55 derajat, bukan 60 derajat seperti pada NPT. Jadi jantan NPT akan masuk ke dalam fitting BSPT atau sebaliknya tetapi mereka tidak akan menyegel.

Ini adalah fitting yang populer di Cina dan Jepang tetapi sangat jarang digunakan di Amerika Utara kecuali jika peralatan yang dilampirkannya diimpor. Sealant ulir diperlukan untuk menyegel fitting jantan dan betina bersama-sama. Instrumen memiliki adaptor untuk adaptor BSPT pria dan adaptor BSPT wanita.

Baca Juga : Distributor VTV di Indonesia

BJMS Online merupakan Platform Jualan Online Valve & Instrument Terbesar dan Terpercaya di Indonesia. Kami memiliki misi untuk memberikanmu kemudahan dalam melakukan pemesanan produk kami secara Aman dan Instan


Butuh Pressure Gauge WIKA yang Pastinya Ori dan Terbaik Kualitasnya Kualitasnya?

Scan Barcode dibawah untuk menghubungi Team Berpengalaman dari BJMS sekarang!

Check Valve