Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Dunia

Penghasil Kelapa Sawit (kompas money)

Tak hanya diolah menjadi minyak goreng, minyak sawit juga bisa diolah menjadi berbagai produk kosmetik maupun bahan bakar kendaraan. Tak heran, banyak negara di dunia yang memproduksi minyak dari tanaman kelapa sawit ini. Lalu, dimana saja negara terbesar penghasil minyak sawit di dunia? Simak daftarnya berikut ini!

Berikut negara penghasil minyak sawit dunia:

  1. Indonesia

Dalam hal produksi minyak sawit, Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama sebagai negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia. Secara geografis, perkebunan sawit Indonesia tersebar di Pulau Kalimantan, Riau, Jambi, dan Aceh dengan produksi minyak mencapai 45,5 juta MT. 

Baca Juga : Check Valve – Yuk Kita Bahas mengenai Check Valve

2. Malaysia

Sedikit bergeser ke negara tetangga, Malaysia rupanya juga mampu memproduksi minyak sawit hingga 18,8 juta MT. Hal ini menunjukkan bahwa Malaysia dapat memenuhi sekitar 39 persen kebutuhan global, dimana minyak tersebut diekspor ke India, Cina, Uni Eropa, Pakistan, dan Amerika Serikat (AS).

‍3.  Thailand

Masih di kawasan Asia Tenggara, Thailand juga menjadi produsen minyak sawit dunia dengan total produksi mencapai 3,26 juta MT. Meskipun menduduki urutan ketiga, namun produksi perkebunan sawit disini masih dihadapkan dengan masalah curah hujan dan rendahnya kualitas bibit kelapa sawit.

4. Kolombia

Beralih ke Kolombia, negara ini rupanya juga berhasil menjadi produsen minyak sawit global dengan total produksi sekitar 1,8 juta MT. Federasi Petani Kelapa Sawit Kolombia (Fedepalma) bahkan menandatangani deklarasi yang menyatakan dukungan untuk mempertahankan posisi sebagai salah satu produsen sawit dunia.

5. Nigeria

Memiliki iklim tropis, Nigeria sangat cocok dijadikan sebagai wilayah budidaya kelapa sawit. Dengan jumlah produksi minyak sawit sekitar 1,4 juta MT, negara ini pun masuk ke dalam daftar negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia.

6. Guatemala

Berikutnya ada negara Guatemala. Seiring perkembangan sektor perkebunan kelapa sawit di negara ini, produksi minyak sawit mereka bahkan sampai menembus angka 910.000 MT. 

7. Papua Nugini

Sektor perkebunan kelapa sawit di Papua Nugini mampu menghasilkan minyak sawit hingga 650.000 MT. Bahkan, negara ini juga membentuk Kementerian Kelapa Sawit guna mengatur segala hal berkaitan dengan tanaman kelapa sawit.

Baca Juga : Distributor VTV Valve di Indonesia

Ingin Efisiensi pada Produksi Kelapa Sawit anda? Ingin Valve & Instrument dengan Kualitas Terjamin dan Pasti Pas? Langsung aja beli di BJMSONLINE.com

BJMS Online merupakan Platform Jualan Online Valve & Instrument Terbesar dan Terpercaya di Indonesia. Kami memiliki misi untuk memberikanmu kemudahan dalam melakukan pemesanan produk kami secara Aman dan Instan


Butuh Valve & Instrument untuk Pabrik Kelapa Sawit anda yang pastinya Berkualitas dan Murah?

Scan Barcode dibawah untuk menghubungi Team Berpengalaman dari BJMS sekarang!

Check Valve