Penasaran dengan Pabrik Kelapa Sawit ?

Kalian pasti tau Kelapa Sawit merupakan komoditas unggulan dari Negara Indonesia. Namun banyak yang belum tau tentang pengolahan kelapa sawit menjadi barang yg siap dipakai oleh manusia dalam kehidupan sehari –hari. Nah di artikel ini kita akan membahas selengkapnya mengenai apa itu Pabrik Kelapa Sawit.

Pabrik Kelapa Sawit (PKS) atau biasa disebut sebagai Palm Oil Mill adalah pabrik yang mengolah tandan buah segar (Fresh Fruit Bunch) menjadi Minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).

Selain memproduksi CPO, pabrik ini juga menghasilkan biji kelapa berupa inti (Kernel) untuk di proses menjadi minyak kernel (Palm Kernel Oil) pada pabrik pengolahan yang berbeda (Kernel Crushing Plant).   Produk yang sudah diproses dari CPO adalah : Mentega, Minyak Goreng, Sabun, Industri Farmasi (Vitamin A), Pelumas (pembuatan lembaran baja), Lilin, dan lain sebagainya. Sedangkan Minyak inti sawit sebagai bahan baku, produk jadinya adalah : Sabun, Minyak Goreng, Kosmetik, dll.

Baca Juga : Perbedaan Drat NPT & BSP?

Untuk pabrik dengan kapasitas 30 ton FFB per hour diperlukan minimal 6000 ha kebun. Tanaman kelapa sawit biasanya dipanen setelah berumur + 3 tahun, buah dengan umur pohon dibawah 3 tahun unsur minyaknya sedikit dan biasanya disebut buah pasir. Pohon sawit diremajakan (regenerasi) biasanya umur + 25 tahun.

Pabrik kelapa sawit adalah primadona investasi di indonesia dan nilai eksportnya terbesar di dunia menggeser malaysia. Disamping iklim katulistiwa yang mendukung, lahan yang tersedia juga cukup luas. Teknologi pengolahannya tergolong cukup sederhana dan hampir tidak ada limbah yang terbuang. Sisa hasil Threser berupa janjangan kosong dapat dimanfaatkan utnuk pupuk kompos sebagai penyubur tanaman di perkebunan. sisa pengolahan Pressing dan Kernel Station berupa Fiber dan Shell digunakan sebagai bahan bakar pembangkit tenaga uap pada Boiler, sedangkan limbah cair dari perebusan dan clarifikasi juga bisa dimanfaatkan untuk land Aplication.

Proses-prose utama pengolahan Pabrik Kelapa Sawit adalah :

  • Penerimaan Buah (Fruit Reception Station)
  • Perebusan dan Sterilisasi (Sterilizer Station)
  • Pemisahan dan Penebah (Thresher Station)
  • Pengadukan dan pemerasan (Pressing Station)
  • Pemurnian Minyak (Clarification Station)
  • Pemisahan inti (Kernel Station)

Sedangkan untuk proses pendukung jalannya Pabrik adalah :

  • Penyediaan dan penjernian air (Water Treatment Plant)
  • Pemurnian air (Demineralization Plant)
  • Pembangkit tenaga uap (Boiler Station)
  • Pembangkit tenaga listrik (Power Station)
  • Pengolahan air limbah (Effluent Treatment Plant)

Baca Juga : Distributor VTV Valve di Indonesia

BJMS Online merupakan Platform Jualan Online Valve & Instrument Terbesar dan Terpercaya di Indonesia. Kami memiliki misi untuk memberikanmu kemudahan dalam melakukan pemesanan produk kami secara Aman dan Instan


Butuh Valve dan Instrument Kualitas Terbaik untuk Pabrik Kelapa Sawit Anda?

Scan Barcode dibawah untuk menghubungi Team Berpengalaman dari BJMS sekarang!