Mechanical Seal – Kegunaannya Apa Sih?

Mechanical Seal – Kegunaannya Apa Sih?

Definisi Mechanical Seal

Ia adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mencegah kebocoran cairan atau gas dari suatu sistem, terutama di dalam peralatan berputar seperti pompa, mixer, dan kompresor. Fungsinya adalah untuk memastikan bahwa fluida yang dipindahkan oleh peralatan tersebut tidak bocor keluar dari casing atau housing-nya, sekaligus menjaga agar kontaminan dari luar tidak masuk ke dalam sistem

Pengoperasian Seal ini dapat di lepas agar mudah dalam penggantian dan perawatan, Sifat seal ini selalu bergesekan sehingga cepat  rusak/aus karena gesekan. Nah biasanya isu akan muncul jika terjadi aus pada seal yang menyebabkan terjadi kebocoran.

Penggunaan Seal berikut tidak hanya terbatas pada pompa (pump) saja namun pada mesin mesin lain yang menggunakan poros berputar seperti mixer, agitator atau lainnya.

Kelebihan Mechanical Seal

  • Mengurangi Kebocoran: Memberikan segel yang lebih efektif dibandingkan dengan metode sealing tradisional seperti packing.
  • Meningkatkan Efisiensi Energi: Mengurangi gesekan sehingga mengurangi beban energi pada sistem.
  • Mengurangi Biaya Pemeliharaan: Memiliki umur pakai yang lebih lama dan memerlukan perawatan yang lebih sedikit dibandingkan metode lain.

“Bagian-bagian yang menyusun Mechanical Seal”

Berikut pengertian istilah dalam bagian-bagian Mechanical Seal:

  1. Shaft Sleeve

sebuah bushing/adapter yang berbentuk selongsong yang terpasang pada shaft dengan tujuan melindungi shaft akibat pengencangan baut/screw Seal.

2. Shaft

Bagian ini  merupakan as/bagian poros sebuah alat dan merupakan bagian utama dari mesin-mesin yang berputar.

Baca Juga : Ball Valve – Mau Tau Kegunaan Ball Valve?

3. Seal

suatu part/bagian dalam sebuah konstruksi alat/mesin yang mempunyai fungsi sebagai penghalang/pengeblok untuk keluar/masuknya cairan, baik itu fluida proses maupun pelumas.

4. Seal Faces
Seal faces merupakan bagian paling penting, paling utama dan paling kritis dari sebuah Seal dan merupakan titik primary sealing. Terbuat dari bahan Carbon dengan serangkaian teknik pencampuran, atau keramik atau Ni-resist, atau Silicone Carbide atau Tungsten Carbide.

PT Budijaya Makmursentosa dapat membantu anda menyediakan berbagai jenis kebutuhan Star Seal Mechanical dengan berbagai jenis material untuk memenuhi kebutuhan Mechanical Seal Pabrik anda.

Ketahui kami lebih lanjut di : Klik disini

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *