Ball Valve – Mau Tau Kegunaan Ball Valve?

Ball Valve

Apa itu Ball Valve?

Valve jenis ini berfungsi sebagai  pengontrol aliran yang berbentuk disc bulat seperti bola dalam sebuah perangkat pipa. Pada disc bola tersebut punya lubang tepat ditengahnya. Jika dalam posisi terbuka ,maka lubang akan menghadap searah dengan kedua ujung katup dan aliran akan mengalir. Dalam posisi tertutup, maka posisi lubang berada tegak lurus dengan ujung katup dan aliran akan terhalang.

Valve ini banyak dipakai dalam sistem perpipaan karena mudah dalam maintenance, serbaguna dan ball valve juga mampu menahan Pressure atau suhu tinggi. Valve tersebut juga bisa dibuat dari berbagai  material seperti logam, plastik atau bahan keramik.

Penggunaan Ball Valve dalam dunia Industri

Ada beberapa jenis Valve tersebut yang umumnya digunakan di berbagai industri seperti:

1. Full Bore Ball Valve

Tipe Valve berikut mempunyai diameter lubang pada disc bulatnya sama dengan diameter pipa. Tipe ini umumnya dipakai pada blow down, production manifold, piggable line dan pipeline.

Baca Juga : WIKA Pressure Gauge – Mau Tau Guna Pressure Gauge?

2.Reduced Bore Ball Valves

Berbeda dengan Tipe Full Bore, Tipe Reduced bore merupakan tipe yang diameter lubang pada disc bulatnya tidak sama ukurannya / lebih kecil dari ukuran diameter pipa. Diameter pada valve tipe ini minimal 1 ukuran lebih rendah dari ukuran diameter pipa. Misal ukuran diameter pipa 5 Inch maka diameter pada lubang ball valve adalah 4 inch.

Fungsi dan Kelebihan Ball Valve

Terlepas dari fungsi nya tentunya pada setiap komponen terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam segi pemakaian, Pengoperasian Valve jenis ini dinilai paling mudah karena tinggal menggerakkan seperempat tuas saja untuk dapat membuka katup secara keseluruhan.

Dalam sistem perpipaan , Valve jenis ini banyak difungsikan untuk : Pengendali Tekanan (Pressure Control), Pengendali Aliran (Flow Control), Shut off. Valve berikut juga dapat digunakan dalam Tekanan tinggi dan Suhu tinggi.

Pemakaian

Valve ini menggunakan sistem ankle untuk buka tutup valve dengan sudut 90°. Bentuknya yang simple, dapat meminimalkan turunnya tekanan pada saat valve dibuka penuh.

Kelebihan :

Kehilangan tekanan yang sangat rendah

Desain yang simple sehingga tidak berat seperti jenis valve lain

Mudah dibuka dan tidak mudah terkontaminasi

Kebocoran pada Valve sangat minimal

Kekurangan:

Seat dapat rusak karena seringnya gesekan antara ball dengan seat

Potensi water hammer / palu air pada sistem yang menyebabkan tekanan besar yang bisa merusak sistem / sambungan dan dinding pipa.

PT Budijaya Makmursentosa menyediakan berbagai jenis VTV Ball Valve dengan berbagai jenis material dan connection untuk memenuhi kebutuhan Ball Valve anda.

Ketahui kami lebih lanjut di : Klik disini