Lift Check Valve – Apa Sih Gunanya Lift Check Valve?

Check Valve adalah jenis katup yang berfungsi untuk mengatur fluida (cair atau gas) mengalir hanya ke satu arah, mencegah aliran balik (back flow) dan berguna sebagai pengaman dalam sistem perpipaan.

Check valve bekerja memanfaatkan gravitasi dan perbedaan tekanan dari aliran fluida itu sendiri. Sehingga, pada umumnya check valve tidak membutuhkan handle/pegangan untuk membuka dan menutupnya.

Dalam suatu sistem perpipaan industri, check valve banyak berfungsi sebagai pengaman untuk mencegah adanya arus balik (back flow) yang dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada sistem dan peralatan. Ada baiknya Pahami Fungsi dan Kegunaan Lift Check Valve selengkapnya.

Jika diamati dari konfigurasinya, valve ini sepintas sangat mirip dengan Globe valve, namun yang membedakannya adalah putarannya. Pada globe valve putaran disk bisa diatur melalui handle, sedangkan untuk valve jenis Lift tidak menggunakan handle tapi menggunakan tekanan aliran.

Disebut juga dengan istilah Piston Check Valve, jenis valve lift menggunakan plug logam yang bergerak naik turun dan menempati sebuah dudukan yang berbentuk tirus / mengerucut di dalam valve.

Fungsi dari plug tersebut adalah ketika fluida mengalir ke inlet, plug tersebut akan naik karena terdorong oleh tekanan sehingga fluida akan masuk mengalir ke sisi outlet. Sedangkan bila terjadi aliran balik (back flow), maka plug tersebut akan menutup. Semakin besar tekanan yang ditimbulkan oleh aliran balik, semakin rapat pula plug tersebut pada dudukannya

Dalam sistem piping di proses industri, check valve Lift banyak digunakan untuk proses aliran fluida gas, karena tingkat kebocoran pada jenis valve ini sangat minim.

“Keunggulan Lift Check Valve”

Keunggulan dari valve ini adalah memiliki bentuk yang sederhana sehingga hanya membutuhkan sedikit perawatan, sedangkan kekurangannya adalah hanya cocok digunakan pada posisi pipa horizontal saja, terutama yang berukuran besar.

PT Budijaya Makmursentosa menyediakan berbagai jenis VTV Lift Check dengan berbagai jenis material dan connection untuk memenuhi kebutuhan Lift Check Valve anda di pabrik.

Ketahui kami lebih lanjut di : Klik disini

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *