Industri Minyak di Berbagai Belahan Dunia

sumber : industri minyak IDX Channel (FOTO: MNC Media)

Minyak dan gas adalah salah satu bahan bakar vital yang menghidupi mesin perekenomian industri global Ingin Tahu Pusat Perdagangan industri minyak dan gas internasional di kota mana saja? Yuk simak artikel yang satu ini.

‘Pusat Trading Minyak di Dunia’

  1. Dubai

Dubai yang merupakan  bagian dari Uni Emirat Arab (UAE) yang merupakan 7 negara yang tergabung di semenanjung Arab adalah Salah satu pusat Trading Minyak di Uni Emirat Arab. Dubai mempunyai ekonomi terbesar kedua dengan cadangan minyak paling besar kelima di wilayah arab.

Selain itu, Uni Emirat Arab punya cadangan gas alam terbesar keempat di wilayah arab. Hal ini terbukti dari cadangan minyak sekitar 98 miliar barel dan cadangan gas alam 214 triliun kubik.

Baca Juga : Check Valve – Yuk Kita Bahas mengenai Check Valve?

2. Singapura

Mewakili daerah Asia Tenggara , Singapura merupakan salah satu pusat perdagangan minyak di dunia Walaupun tidak memiliki cadangan minyak dalam negeri, Singapore merupakan salah satu negara yang yang menjadi Pusat pelabuhan pengiriman minyak dunia yang sangat efektif dalam distribusi minyak menuju Benua Asia. Didukung dengan teknologi penyulingan minyak yang sangat mukthahir.

Banyak perusahaan yang menjadikan Singapura sebagai basis mereka dalam mendistribusi minyak gas karena faktor geografisnya yang strategi dan iklim politik yang Aman dan Stabil. Faktor inilah yang menjadikan Singapura menjadi salah satu negara penting dalam dunia minyak gas global.

‍3. Calgary

Calgary merupakan kota yang terletak di wilayah regional Alberta dan menjadi pusat industri minyak gas di Kanada. Dengan pemandangan alam yang sangat indah dikelilingi oleh danau yang indah, pegunungan dan taman alam. Cadangan minyak di daerah ini merupakan salah satu yang terbesar di Negara Kanada.

Kanada merupakan negara yang diberkahi dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang luar biasa dengan memiliki cadangan minyak lebih dari 178 miliar barel dan sekitar 58 triliun kubik cadangan gas alam. Maka dari itu, Kanada dianggap sebagai salah satu negara dengan cadangan minyak terbesar di dunia saat ini,

4. Houston, USA

Amerika Serikat sebagai Pusat Keuangan Dunia juga memiliki Sumber Daya Minyak yang melimpah. Houston adalah kota yang berbasis di Texas, Amerika Serikat. Houston telah diakui oleh seluruh dunia dalam industri minyak gas. Perlu Anda tahu, selain minyak gas, ada banyak pekerjaan yang berhubungan dengan energi di Houston daripada di kota-kota lain di dunia ini.

Houston memproduksi sekitar 30% minyak dan memproduksi sekitar 30% gas alam dari total produksi minyak gas di AS. Andaikan Texas itu sebuah negara, Texas akan menjadi negara penghasil gas alam terbesar ke 3 di dunia. Sedangkan untuk penghasil minyak, Texas akan menjadi penghasil ke 14 terbesar di dunia.

5. Rio De Janeiro

Rio de Janeiro merupakan pusat kota eksplorasi Minyak Gas di Brasil dan Amerika Selatan. Brasil punya cadangan minyak lebih dari 14 miliar barel dan cadangan gas alam sekitar 13 triliun kubik. Brasil punya jumlah produksi lebih dari 3 juta barel minyak per hari, hal ini membuat mereka menjadi negara tertinggi kedua setelah Venezuela di wilayah Amerika Latin.

6. Stavanger

Stavanger merupakan kota terbesar ketiga di Norwegia dan biasa disebut juga sebagai the Oil Capital of Norway. Ada banyak perusahaan minyak gas yang berdiri di wilayah Stavanger. Diantaranya : Shell, Total, Statoil, BG Group, Marathon Oil, BP, Talisman Energy, Premier Oil, Conoco, Phillips, Centrica, GDF Suez, Exxon Mobil dan Maersk Oil.

7. Kuala Lumpur

Kuala Lumpar merupakan ibu kota Malaysia dengan perusahaan minyak gas nasional mereka yaitu Petronas. Malaysia sendiri terletak di tepi Selat Malaka, yang merupakan koridor minyak dan gas yang menghubungkan Samudra Hindia dan Pasifik. Cadangan gas Malaysia diperkirakan sekitar 4X lebih banyak jika dibandingkan dengan cadangan minyak mereka, yaitu 82.5 triliun kubik.

Baca Juga : Distributor VTV Valve di Indonesia

Dapatkan Valve & Instrument untuk Pabrik Minyak Anda Hanya di Bjmsonline.com.

BJMS Online merupakan Platform Jualan Online Valve & Instrument Terbesar dan Terpercaya di Indonesia. Kami memiliki misi untuk memberikanmu kemudahan dalam melakukan pemesanan produk kami secara Aman dan Instan


Butuh Valve yang pastinya Murah dan Safety untuk Pabrik Anda?

Scan Barcode dibawah untuk menghubungi Team Berpengalaman dari BJMS sekarang!

Check Valve