Flange – Apa Kegunaan Flange pada Valve?

Hai Sobat BJMS , Flange bisa dibilang adalah benda yang sangat penting bagi konstruksi industri. Di artikel ini , kami akan membahas mengenai jenis dan fungsinya dibawah ini.

Apa itu Flange?

Ia adalah suatu komponen untuk menggabungkan dua elemen antara pipa dengan Equipment lain. Elemen antar pipa akan menjadi satu kesatuan yang utuh dengan menggunakan baut untuk perekatannya.

Flange terbagi menjadi beberapa kategori yang pembagian-nya mulai dari berdasarkan Class, Typeface, maupun ANSI. Setiap pembagian jenis memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing.

Fungsi Flange

Alat berikut berfungsi sebagai penyambung pipa agar dapat dilepas dengan mudah.  Penggunaan nya juga memberikan efisiensi waktu pekerjaan  dalam perbaikan atau penggantian Equipment yang rusak tanpa harus merusak komponen lainnya.

Jenis-Jenis Flange’

Dalam dunia industri, Ada berbagai jenis dan umumnya dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu;

1.Berdasarkan Class / Rating

alat berikut dapat dibagi dari kelas bisa menjadi beberapa jenis, yaitu Class 150#, 300#, 600#, 900#, 1500#, 2500#, dan juga 5000#. Ia dibagi ke beberapa jenis Class / Rating yang bekerja dalam tekanan yang berbeda sesuai dengan kelasnya.

Baca Juga : WIKA Pressure Gauge – Mau Tau Guna Pressure Gauge?

2.Berdasarkan Type Face (Tipe Permukaannya)

Jenis yang kedua adalah berdasarkan Typeface atau tipe permukaannya. Contoh dari Typeface yang ada yaitu Type Raised Face, Type Flat Face dan Ring Type Joint.

3.Berdasarkan ANSI

D

Socket Flange

Socket Flange adalah memiliki area penahan pada sisi terluar yang menyebabkan pipa yang berada di dalam tidak akan tembus keluar.

Slip On Flange

Ia memiliki keunikan karena hanya bisa masuk sebagian. Untuk sisi dalam dan luarnya akan melalui proses las, memiliki permukaan yang polos mirip dengan Socket Flange. Ukuran dalam harus sedikit lebih besar dari luar pipa yang dipasang.

Lap Joint Flange

Lap Joint memiliki ciri khas sehingga posisi lubang baut bisa disesuaikan. Untuk jenis ini sangat tidak disarankan untuk tekanan yang tinggi.

Fungsi Flange Lap Joint untuk menyatukan pipa utama agar dapat bertahan dan tidak membuat celah di antara sambungan pipa.

4.Weld Neck Flange

ini sangat populer di bidang konstruksi karena yang satu ini paling sering digunakan. Hal ini karena sifat dari Weld Neck ini sangat mudah dipasang ke elemen pipa lainnya.

Ia juga memiliki penggunaan yang sangat fleksibel terhadap Fluida yang bertekanan rendah maupun yang bertekanan tinggi. Weld Neck memiliki bentuk mengerucut di bagian lehernya dan kerucut itu semakin mengecil di bagian ujungnya.

Ujung dari alat berikut ini dibuat lebih kecil memiliki tujuan untuk pipa bisa menyesuaikan ukuran. Weld Neck digunakan di berbagai tekanan tinggi tetapi biasanya digunakan pada pipa gas yang bertekanan tinggi.

PT Budijaya Makmursentosa menyediakan berbagai jenis Flange dengan berbagai jenis material dan connection untuk mendukung kebutuhan di pabrik anda.

Ketahui kami lebih lanjut di : Klik disini

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *