Expansion Joint – Kegunaan Expansion Joint?

Expansion Joint – Kegunaan Expansion Joint?

Banyak dari Sobat BJMS pasti tidak asing dengan barang berikut, nah di artikel ini kita akan membahas tentang alat berikut.

Expansion Joint dalam Sistem Perpipaan

alat ini merupakan jenis sambungan yang penggunaannya sangat umum dijumpai pada instalasi perpipaan. Tugasnya sangat penting untuk meredam getaran yang diakibatkan oleh pompa.

Fungsi Expansion Joint

Selain untuk mencegah terjadinya getaran dan tekanan seperti yang disebutkan diatas, alat ini juga punya fungsi dan keunggulan lain, apa sajakah? Berikut fungsi yang lainnya :

  1. Pemasangan atau diaplikasikan dengan mudah pada sistem perpipaan
  2. Peredam getaran pada sambungan pipa yang dilewati media cairan atau gas
  3. Mengurangi terjadinya pergeseran antar pipa untuk mencegah kebocoran
  4. Meredam tekanan saat kondisi cairan atau gas lewat pada pipa
  5. Mengurangi kebisingan

‘Jenis-Jenis Expansion Joint’

1 Single Type

Jenis pertama ini adalah jenis sambungan ekspansi tunggal yang dirancang untuk bisa menyerap kombinasi ketiga gerakan dasar dalam sistem perpipaan yakni aksial, lateral, dan angular. Sedangkan, sambungan ekspansi yang double terdiri dari 2 bellow atau lebih yang bisa dihubungkan oleh konektor umum.

2. Universal Type

Jenis universal expansion joint ini berisi dua bellow yang bisa dihubungkan oleh pipa tengah dan sudah dilengkapi dengan batang pengikat. Perangkat ini digunakan untuk bisa menyerap gerakan aksial, gerakan lateral dan angular dalam sistem perpipaan.

3. Pressure Balanced Expansion Joint

Pada jenis ketiga ini diterapkan untuk menyerap gerakan aksial dan atau defleksi lateral. Lalu tekanan dorongnya diseimbangkan melalui bellow tambahan dan batang pengikat. Pressure balanced biasanya digunakan saat ada perubahan arah pada sistem perpipaan

4. Hinged Expansion Joint

Jenis sambungan hinged expansion joint adalah sebuah rakitan yang didesain untuk menyerap perputaran angular hanya pada satu bidang saja, hal ini jelas berbeda dengan 3 jenis sebelumnya. Perangkat ini terdiri dari 2 buah pelat berengsel terpisah dengan sudut 180° dan akan dihubungkan ke koneksi ujung. Engsel disini berfungsi untuk menahan pressure thrust load dan beban luar lain seperti beban mati dan beban angin.

Baca Juga : WIKA Pressure Gauge – Mau Tau Guna Pressure Gauge?

5. Gimbal Expansion Joint

Jenis pada gimbal expansion joint berfungsi untuk menyerap pergerakan angular pada semua arah/semua bidang. Jenis sambungan ini terdiri dari 2 buah engsel juga dan terhubung ke cincin gimbal ring yang dirancang untuk menyerap pressure thrust load dan beban luar lain seperti beban angin dan beban mati.

PT Budijaya Makmursentosa menyediakan berbagai jenis Expansion Joint dengan berbagai jenis material dan connection untuk memenuhi kebutuhan pabrik anda.

Ketahui kami lebih lanjut di : Klik disini

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *