Control Valve – Apa Itu Control Valve?

Definisi Control Valve

Valve ini merupakan jenis valve yang digunakan untuk mengendalikan aliran, tekanan, temperatur, dan level cairan dengan cara membuka/menutup penuh atau membuka/menutup sebagian sebagai respons terhadap sinyal yang diterima dari pengendali yang membandingkan “setpoint” untuk “variabel proses” yang nilainya diberikan oleh sensor yang dapat memantau perubahan dalam kondisi seperti itu.

Baca Juga : WIKA Pressure Gauge – Mau Tau Guna Pressure Gauge?

Cara Kerja

Proses on/off pada valve ini biasanya dilakukan secara otomatis oleh aktuator listrik, hidrolik, atau pun pneumatik. Untuk dapat mengontrol proses pembukaan/penutupan pada actuator maka digunakanlah positioner. Positioner dapat berfungsi untuk mengontrol pembukaan atau penutupan aktuator dengan berdasarkan sinyal-sinyal listrik, atau pneumatik.

Kelebihan

1. Operasional Otomatis

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh valve ini adalah bahwa control valve dapat mengontrol proses pembukaan dan penutupan fluida secara otomatis. Dengan demikian, pengguna tidak perlu berhati-hati tentang menutup atau membuka valve secara manual ketika valve sedang bekerja.

2. Pemasangan yang Mudah

Keuntungan lain adalah bahwa Pemasangan pada sistem perpipaan yang sangatlah simpel. Pemasangan ini dapat dilakukan tanpa harus meminta bantuan dari tukang ledeng atau dari produsen. Dengan demikian, Ia dapat membantu dalam menghemat waktu dan usaha dari para pengguna.

3. Reduced Wastage

Dengan pengoperasiannya terdapat pengurangan besar dalam hal pemborosan sumber daya. Tanpa melihat apakah ini digunakan dalam proses industri atau manufaktur, atau di rumah-rumah, control valve dapat mengurangi pemborosan sumber daya karena kerja valve yang efisien.

Bahkan, ini sangat membantu dalam menghemat air. Penelitian telah menunjukkan bahwa valve jenis ini dapat memberikan dampak positif yaitu penghematan air hingga 85%. Dengan demikian, Ia sangat membantu dalam memenuhi meningkatnya permintaan untuk air dengan cara mengurangi pemborosan sumber daya alam yang berharga.

4. No Clogging

Manfaat besar lainnya control valve adalah bahwa control valve tidak menghalangi aliran fluida. Partikel kecil, endapan, debu, dll tidak menyumbat aliran fluida karena desain yang sempurna dari control valve tersebut.

5. Ramah Lingkungan

Pada saat ini bisnis dituntut untuk memenuhi standar ekologi global. Dengan penggunaan control valve ini, mereka dapat menjadi ramah lingkungan dengan mengurangi pemborosan sumber daya alam.

Baca Juga : Distributor VTV di Indonesia

BJMS Online merupakan Platform Jualan Online Valve & Instrument Terbesar dan Terpercaya di Indonesia. Kami memiliki misi untuk memberikanmu kemudahan dalam melakukan pemesanan produk kami secara Aman dan Instan


Butuh Control Valve yang Pasti Pas di Pabrik Anda?

Scan Barcode dibawah untuk menghubungi Team Berpengalaman dari BJMS sekarang!

Check Valve