Check Valve – Yuk Kita Bahas mengenai Check Valve

Check Valve merupakan salah satu Jenis Valve yang paling sering dipakai di pabrik. Namun masih banyak pengguna yang tidak menyadari kegunaan dari Valve ini.
Ingin tahu kegunaan Valve ini di pabrik? Yuk simak selengkapnya di artikel ini ya,

Sebelumya apakah kamu sudah tau apa itu Check Valve?

Valve jenis merupakan alat yang digunakan untuk mencegah aliran berlawanan dalam sistem perpipaan .Lebih jelasnya, valve jenis ini juga dikenal sebagai valve satu arah atau NRV (non-return valve) yang digunakan untuk mengalirkan fluida hanya ke satu arah saja agar tidak terjadi reversed flow/back flow.

Tekanan fluida yang mengalir pada pipa akan membuka saluran, sementara arah aliran sebaliknya akan menutup. Valve jenis ini memungkinkan aliran tanpa hambatan dan secara otomatis menutup saat tekanan berkurang.

Cara Kerja

Fungsi utamanya yaitu mencegah aliran balik dan memungkinkan aliran fluida hanya satu arah saja. Prinsip kerjanya didasarkan pada perbedaan tekanan di kedua sisinya, yaitu sisi inlet (masuk) dan sisi outlet (keluar).

Ketika fluida mengalir melalui sisi inlet menuju sisi outlet, maka valve akan terbuka karena tekanan fluida yang lebih besar dari sisi inlet. Namun, saat fluida mencoba mengalir dari sisi outlet menuju sisi inlet, valve akan menutup secara otomatis karena adanya perbedaan tekanan. Cara kerja check valve ini penting karena dapat mencegah kerusakan pada komponen dan mencegah risiko kecelakaan.

‘Jenis-jenis Check Valve’

Valve jenis ini mempunyai beberapa jenis berbeda yang umumnya didasari oleh tipe disk yang digunakan. Jenis check valve yang paling umum digunakan adalah:

1. Tipe Swing

Valve ini biasanya terdiri dari body valve, bonnet, dan disk yang terkoneksi ke sebuah engsel. Valve ini bergerak ketika ada aliran yang melewati saluran dan akan tertutup penuh ketika tidak ada aliran. Saat aliran terhenti, disk akan tertutup secara otomatis tanpa adanya bantuan manual yang terlibat dalam proses. Turbulensi dan penurunan tekanan di valve ini relatif sangat rendah.

Baca Juga : WIKA Pressure Gauge – Mau Tau Guna Pressure Gauge?

2.Lift Type

Desain seat pada valve ini umumnya mirip dengan yang ada di globe valve dan disknya menggunakan piston atau bola. Ia sangat cocok untuk keadaan dengan tekanan dan kecepatan aliran tinggi karena disk bersinggungan dengan seat secara keseluruhan. Lift check valve cocok untuk instalasi pipa horizontal atau vertikal dengan aliran ke atas.

Valve ini mempunyai karakteristik yaitu ketahanan terhadap kebocoran yang sangat baik dibandingkan dengan swing check valve. Lift check valve yang menggunakan bola cara kerjanya sangat sederhana karena bekerja berdasarkan prinsip gravitasi. Ketika ada tekanan yang cukup dalam aliran, maka bola akan ke terangkat, tetapi ketika tekanan berkurang, bola akan menutup lubang.

3. Double Door Check Valve

Seperti namanya, cara kerja jenis ini yaitu dua bagian disk terbuka bergerak menuju garis tengah pipa dengan aliran maju, dan saat aliran balik, dua bagian disk akan terbuka menjauh dari garis tengah pipa dan menekan seat untuk menutup aliran. Hal ini biasa disebut flapping action.

Pengaplikasian Check Valve

Ia digunakan dalam sistem perpipaan di berbagai industri untuk mencegah aliran berlawanan. Saluran keluar pada rotary equipment, seperti pompa dan kompresor, selalu dilengkapi dengan check valve untuk mencegah aliran berlawanan. Beberapa industri yang menggunakan check valve antara lain:

  1. Instalasi Air
  2. Industri Minyak dan Gas
  3. Industri Kimia
  4. Food Processing Industry

Baca Juga : Distributor VTV Check Valve di Indonesia

BJMS Online merupakan Platform Jualan Online Valve & Instrument Terbesar dan Terpercaya di Indonesia. Kami memiliki misi untuk memberikanmu kemudahan dalam melakukan pemesanan produk kami secara Aman dan Instan


Butuh Butterfly Valve yang pastinya Murah dan Safety?

Scan Barcode dibawah untuk menghubungi Team Berpengalaman dari BJMS sekarang!

Check Valve