Carbon Steel – Kenal Lebih Jauh tentang Carbon Steel

Salah satu material yang sangat umum digunakan pada sistem perpipaan adalah carbon steel. Biasanya, semakin tinggi kandungan karbon, maka akan semakin tinggi tingkat kekuatan dan juga meningkatkan ketahanannya terhadap korosi. Namun, tingkat kelenturan serta kemampuan penempaan dan pengelasan akan menurun.

Selain di industri perpipaan, ia juga digunakan secara luas di industri lain. Di antaranya: bangunan dan konstruksi, manufaktur, infrastruktur, furnitur, dan lain sebagainya. Artikel ini akan mengupas berbagai hal mengenai material carbon steel yang digunakan secara umum. Simak selengkapnya.

Dalam Artikel ini, kita akan membahas beberapa hal mengenai material ini yang digunakan secara umum. Ingin memahami lebih lanjut tentang material ini. Yuk baca selengkapnya disini.

Apa itu Carbon Steel?

Material iniadalah campuran dari besi dan karbon. Bahan ini banyak digunakan secara luas pada komponen perpipaan dalam proses industri selain stainless steel.

Carbon steel adalah jenis baja campuran, dengan Besi merupakan unsur utama dalam material carbon steel dicampur dengan unsur logam maupun non-logam lainnya.

Penggunaan Carbon Steel

Penggunaan carbon steel sangat populer dalam industri konstruksi, manufaktur, dan lainnya. Beberapa industri yang menggunakan material ini meliputi:

  1. Konstruksi

Besi jenis ini sering digunakan dalam konstruksi bangunan, infrastruktur, dan struktur lainnya untuk membuat kerangka yang digunakan untuk memperkuat beton pada bangunan, jembatan, dan struktur lainnya. Ia juga digunakan untuk membuat bentuk baja struktural, seperti balok, kolom, dan komponen struktural lainnya.

2. Manufaktur

Pembuatan berbagai macam produk seperti mesin dan peralatan berat, peralatan rumah tangga, dll dapat dibuat dengan material ini

โ€3. Mesin industri

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan mesin dan peralatan berat, seperti ekskavator, bulldozer, dan peralatan konstruksi lainnya.

‘Carbon Steel pada Sistem Perpipaan’

Penggunaannya sangat luas terutama pada konstruksi berbagai peralatan dalam sistem perpipaan. Hal ini karena sifatnya yang sangat kokoh dan tahan terhadap korosi. Komponen perpipaan yang umumnya menggunakan material carbon steel di antaranya:

1. Valve

Penggunaan material ini sangat lazim pada Valve seperti pada gate valve, globe valve, ball valve dan lain-lain.

Baca Juga : WIKA Pressure Gauge โ€“ Mau Tau Guna Pressure Gauge?

2.Flange

Flange digunakan untuk menghubungkan pipa dan komponen lain pada sistem perpipaan. Carbon steel digunakan karena flange umumnya berfungsi dalam sistem di mana terdapat tekanan dan temperatur tinggi.

3. Fittings

Fittings, yang digunakan untuk menghubungkan dan memberikan jalur pada pipa dalam sistem perpipaan juga tidak luput dari material carbon steel seperti elbow, tee, reducer, dan lain-lain.

Keunggulan dan Kelemahan

Berikut kami rangkum keunggulan dan kelemahan material ini, di antaranya:

Keunggulan

  1. Kekuatan: Material ini memiliki rasio kekuatan terhadap berat yang tinggi dan juga mampu menahan tekanan dan beban tinggi, menjadikannya ideal untuk digunakan dalam sistem perpipaan yang mengangkut cairan dan gas.
  2. Ketahanan: Daya tahan tinggi dan ketahanannya terhadap korosi. Faktor ini menjadikannya pilihan yang cocok untuk sistem perpipaan yang terpapar lingkungan yang keras dan zat korosif.
  3. Biaya Lebih ekonomis

Baca Juga : Distributor VTV Valve di Indonesia

BJMS Online merupakan Platform Jualan Online Valve & Instrument Terbesar dan Terpercaya di Indonesia. Kami memiliki misi untuk memberikanmu kemudahan dalam melakukan pemesanan produk kami secara Aman dan Instan


Butuh Valve & Instrument untuk Pabrik yang pastinya Murah dan Safety?

Scan Barcode dibawah untuk menghubungi Team Berpengalaman dari BJMS sekarang!

Check Valve