Butterfly Valve – Bingung Kegunaan Butterfly Valve?

Butterfly Valve – Bingung Kegunaan Butterfly Valve?

Sebelumnya banyak dari sobat BJMS pasti bertanya apa itu Butterfly valve?

Apa Itu Butterfly Valve?

Butterfly valve adalah valve dengan gerakan 1/4 putaran yang digunakan untuk menghentikan, mengatur, dan memulai aliran. Valve ini termasuk tipe yang terbuka cepat dengan rotasi pegangan 90° dapat sepenuhnya menutup atau membuka valve.

‘Bagian dari Butterfly Valve’

Valve ini memiliki bagian-bagian yaitu body yang melingkar pendek, disc berbentuk bulat, poros, seat dari material logam atau material halus, dan aktuator/operator. Berikut penjelasan singkatnya:

1. Body‍

Bagian utama dari butterfly valve adalah body, yaitu bagian yang berfungsi sebagai rumah/cangkang atau tempat penyimpanan disk dan komponen mekanik lainnya. Bagian yang terbuat dari bahan logam atau plastik dan berfungsi sebagai tempat untuk menempatkan disk. Body ini juga memiliki saluran yang memungkinkan fluida mengalir masuk dan keluar dari valve.

Baca Juga : WIKA Pressure Gauge – Mau Tau Guna Pressure Gauge?

2.Disk‍

Disk adalah bagian yang berputar dan berfungsi sebagai penutup atau pembuka aliran cairan. Disk biasanya terbuat dari material stainless steel atau material lain, dan memiliki beberapa jenis lapisan permukaan untuk meningkatkan daya tahan terhadap keausan dan korosi. Disk ini berfungsi untuk memblokir atau membuka aliran fluida yang melewati valve

3. Shaft

Shaft atau poros adalah bagian yang menghubungkan disk dengan penggerak valve. Shaft terbuat dari bahan logam dan berfungsi untuk menggerakkan disk. Shaft ini biasanya dilengkapi dengan handle atau roda gigi yang memungkinkan operator untuk membuka atau menutup valve. Shaft biasanya dilengkapi dengan bantalan yang memudahkan putaran.

4. Seat

Seat adalah bagian yang berfungsi sebagai penahan disk dan menjaga agar cairan tidak bocor melalui celah antara disk dan body. Bagian ini terbuat dari bahan elastomer atau logam.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis-jenis yang ada pada Butterfly valve

a) Wafer Type Butterfly Valve‍

Konstruksi body pada jenis valve ini cukup tipis dan ringan. Biasanya, valve ini digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan ruang yang terbatas karena ukurannya yang lebih kecil dibandingkan jenis butterfly valve lainnya. Wafer type ini juga memiliki flange yang bisa dipasang dengan baut ke dalam sistem pipa atau peralatan lainnya. Pemasangannya mudah, tetapi tidak dapat digunakan sebagai isolation valve.

b) Lug Type Butterfly Valve

Valve jenis ini memiliki dua lugs atau telinga pada setiap ujung body-nya. Lugs ini digunakan untuk mengencangkan valve pada pipa dengan menggunakan baut dan mur. Biasanya digunakan pada pipa-pipa yang tidak memerlukan flange pada kedua ujungnya.

c) Flanged Type Butterfly Valve

Pada tipe ini, body valve memiliki flange yang sesuai dengan dimensi flange pipa. Konstruksi body pada jenis valve ini mempunyai flange yang besar di kedua ujungnya dan memungkinkan valve dipasang di kedua sisi pipa.

PT Budijaya Makmursentosa menyediakan berbagai jenis Butterfly Valve dengan berbagai jenis material dan connection untuk memenuhi kebutuhan pabrik anda.

Ketahui kami lebih lanjut di : Klik disini

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *