Boiler – Yuk Kita Bahas tentang Boiler

Dalam sebuah Pabrik Kelapa Sawit, Boiler atau ketel uap dianggap sebagai ‘jantung’ pabrik yang menentukan jalannya proses pengolahan dikarenakan Ia berperan sebagai sumber tenaga yang diperlukan untuk mengolah kelapa sawit.

Oleh Karena itu, Yuk kita bahas lebih lanjut mengenai apa itu boiler beserta fungsi dan cara perawatannya (maintenance). Simak Selengkapnya di artikel ini ya.

Boiler

sumber: (wikipedia)

Pengertian Boiler

Prinsip kerja nya ini mirip dengan pemanas air. Bedanya, pemanas air biasanya memakai bahan bakar listrik. Sementara boiler lazimnya menggunakan bahan bakar khusus, seperti batu bara, untuk memanaskan air.

Pemakaianya sendiri lebih banyak diperuntukkan untuk pabrik yang membutuhkan konsumsi tenaga listrik besar, seperti pabrik kelapa sawit untuk beroperasi. Langkah ini dilakukan guna mengefisiensi penggunaan energi listrik, sekaligus menghemat biaya.

Fungsi Boiler

Ia berfungsi untuk menghasilkan air panas atau uap panas dari hasil pembakaran guna dikonversikan sebagai energi. Umumnya, terdapat dua tipe berdasarkan fungsinya, yakni boiler uap panas dan air panas.

Boiler uap panas merupakan jenis alat yang menghasilkan uap guna menggerakkan bilah turbin serta menghasilkan energi listrik. Sementara tipe air panas biasanya dipakai untuk atujuan komersial dan domestik. Misalnya menyuplai air panas.

Komponen Boiler

Boiler terdiri dari seperangkat alat atau komponen yang saling terhubung satu sama lain sesuai dengan alur prosesnya. Seluruh komponen boiler itu masing-masing memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu, penting untuk memahami setiap fungsi pada komponen boiler agar dapat memahami seperti apa prinsip kerja nya dengan baik.

Baca Juga : Perusahaan Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

Dibawah ini akan kita jabarkan komponen-komponen yang terdapat dalam sebuah boiler:

1.Drum Ketel
Sesuai namanya, komponen ini punya bentuk seperti drum yang berfungsi sebagai tempat penampungan air panas sekaligus terbentuknya uap. Drum ketel akan menampung uap jenuh (saturated steam) beserta air dengan perbandingan 50:50.

Drum ini dilengkapi dengan sekat-sekat khusus supaya air tidak mudah terbawa menjadi uap. Nantinya, air bersuhu rendah akan turun ke bagian bawah drum sementara air bersuhu tinggi akan naik ke atas lalu menguap.

2.Superheater
Kalau komponen boiler satu ini adalah tempat pengeringan stem. Karena uap yang dihasilkan dari drum ketel lazimnya masih dalam kondisi basah sehingga memerlukan proses pemanasan lanjutan agar bisa digunakan.

Proses pemanasan lanjutan dilakukan dengan menggunakan superheater pipe yang dipanaskan pada kisaran suhu 260°C – 350°C. Suhu tersebut memungkinkan uap menjadi kering yang kemudian dapat menggerakkan turbin serta digunakan untuk keperluan peralatan lainnya.

3. Economizer

Komponen ini digunakan untuk menyerap panas dari gas hasil pembakaran yang telah melalui superheater. Tujuan penyerapan panas ini menjaga perbedaan temperatur antara air dalam druk ketel dan air pengisi tidak terlalu tinggi sehingga mencegah terjadinya thermal stress (tegangan yang terjadi karena pemanasan) di dalam drum. Selain itu, gas sisa pembakaran dapat meningkatkan efisiensi boiler serta mempercepat proses pembentukan uap.

4.Steam Air Heater

Komponen steam air heater berfungsi untuk memanaskan udara yang digunakan untuk meniup atau menghembuskan bahan bakar supaya bisa terbakar dengan sempurna. Biasanya udara yang hendak dihembuskan sebelum melalui air heater akan mempunyai suhu yang sama dengan suhu udara normal (38°C). Namun begitu melewati steam air heater, suhu udaranya dapat meningkat sampai 230°C.

Baca Juga : Distributor VTV Valve di Indonesia

Ingin Sistem Perpipaan di pabrik berjalan lancar? Ingin Valve & Instrument dengan Harga bersahabat,Kualitas Terbaik dan Pastinya Safety? Langsung aja beli di BJMSONLINE.com

BJMS Online merupakan Platform Jualan Online Valve & Instrument Terbesar dan Terpercaya di Indonesia. Kami memiliki misi untuk memberikanmu kemudahan dalam melakukan pemesanan produk kami secara Aman dan Instan


Butuh Valve & Instrument untuk Sistem Pipa Boiler anda?

Scan Barcode dibawah untuk menghubungi Team Berpengalaman dari BJMS sekarang!

Minyak Bumi