Digital Pressure Gauge – Apa sih kelebihannya ?

Para pelaku industri pastinya sering sekali menemukan Pressure Gauge yang terpasang di site pabrik. Namun tahukan kalian kalau ada juga versi lain dari Pressure Gauge yang juga banyak dipakai. Di artikel ini , pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Digital Pressure gauge secara lengkap.

Apa itu Digital Pressure Gauge ?

Digital Pressure Gauge merupakan pengukur tekanan yang  menggunakan transduser tekanan untuk menampilkan pembacaan tekanan pada indikator digital. Alat ini dapat memberikan hasil yang cepat dengan keterbacaan yang detail, berdasarkan pengaturan yang dimasukkan pengguna sebelum melakukan pengukuran. Alat pengukur digital ini dapat memberikan hasil pembacaan yang konsisten, dan biasanya didukung oleh baterai, loop, atau tenaga surya.

Kelebihan

Ada beberapa karakteristik utama yang memberikan keunggulan pada alat pengukur digital dibandingkan alat pengukur analog.

1. Daya Tahan                                         

Digital Pressure Gauge memiliki daya tahan lebih dimana ia mampu bekerja tanpa kegagalan dalam suhu ekstrem, kondisi berbahaya, dan area yang terkena getaran mekanis berat. Dirancang agar tahan terhadap penyalahgunaan dan retak, produk ini biasanya terbuat dari aluminium atau baja tahan karat dengan permukaan plastik tebal dan tahan retak untuk melindunginya dari guncangan, jatuh, serpihan yang beterbangan, dan bahan kimia berbahaya. Hasilnya, alat ini jauh lebih tahan lama dan tahan terhadap getaran dan lonjakan tekanan berlebih dibandingkan alat pengukur analog.

2. Kalibrasi – Pengukur tekanan digital yang telah dikalibrasi memiliki hasil pengukuran yang lebih terpercaya dibandingkan pengukur tekanan dengan keluaran analog. Kalibrasi digital pressure gauge dilakukan menggunakan software, sehingga jauh lebih presisi.

3. Kustomisasi

Pengukur tekanan digital dapat disesuaikan dengan aplikasi Anda – Anda dapat menambah dan menghapus fitur serta mengubah unit teknik. Beberapa pengukur digital memiliki kemampuan untuk membuat satuan khusus yang memungkinkan tekanan ditampilkan dalam satuan torsi atau gaya atau ketika aplikasi khusus memerlukannya. Hal ini hampir tidak mungkin dilakukan dengan alat pengukur analog – seluruh dial harus diubah untuk mengganti unit.

4.Pengumpulan Data

Keunggulan besar lainnya dari digital Pressure Gauge adalah dalam pengumpulan data. Pengukur hidrolik digital mencakup keluaran untuk mengirimkan hasil ke komputer, pencatat data, atau instrumen lain untuk data atau analisis.

5. Keterbacaan

Pengukur tekanan digital menampilkan pembacaan yang jelas pada layar besar dan mudah dibaca. Sebagian besar juga menyertakan lampu latar yang terang. Mengambil pembacaan dari alat ukur analog selalu memerlukan interpretasi lokasi jarum. Dalam beberapa aplikasi, di mana pembacaan perlu dilakukan dari jarak jauh, atau beberapa pembacaan tekanan perlu diukur sekaligus, analog sering kali lebih disukai karena sifat visualisasi jarum pada pelat jam yang cepat dan sekilas. Namun alat pengukur analog sering kali salah dibaca karena kesalahan paralaks, di mana posisi dial tampak berbeda berdasarkan sudut orang yang menafsirkan data.

Baca Juga : Distributor WIKA Instrument di Indonesia

BJMS Online merupakan Platform Jualan Online Valve & Instrument Terbesar dan Terpercaya di Indonesia. Kami memiliki misi untuk memberikanmu kemudahan dalam melakukan pemesanan produk kami secara Aman dan Instan


Butuh Pressure Gauge yang sudah dikalibrasi untuk Pabrik Anda?

Scan Barcode dibawah untuk menghubungi Team Berpengalaman dari BJMS sekarang!