Apa sih Gunanya Electro Positioner?

Seringkali para pelaku industri menemukan Elektro positioner yang terpasang pada set actuator. Namun kebanyakan orang tidak terlalu mengetahui secara detail tentang apa itu Electro Positioner. Artikel ini akan membahas secara mendalam terkait apa itu Positioner dan Kegunaannya.

Apa itu Electro Magnetic Positioner?

Elektro-pneumatik positioner biasa digunakan dalam proses otomasi industri untuk mengontrol posisi secara tepat pada aktuator pneumatik berdasarkan sinyal masukan elektronik. Mereka memiliki beberapa kegunaan dalam berbagai industri, antara lain:

  1. Kontrol dan Regulasi

Alat ini memastikan posisi katup, damper, dan elemen kontrol lainnya dalam sistem pneumatik dalam posisi yang akurat. Dengan menjamin keakuratan sistem, variabel proses seperti tekanan, aliran, suhu, dan level dapat dijaga dalam batas yang diinginkan.

2. Optimisasi Proses

Dengan memposisikan elemen kontrol secara akurat, elektro-pneumatik positioner membantu mengoptimalkan efisiensi proses, mengurangi konsumsi energi, dan meningkatkan kualitas produk.

3. Kemudahan untuk Kontrol Jarak Jauh

Perangkat ini memungkinkan kontrol jarak jauh pada aktuator pneumatik, dimana ia dapat mengurangi kecelakaan kerja di lingkungan yang berbahaya bagi manusia.

4. Kompatibilitas
Alat ini juga dapat bekerja di berbagai jenis aktuator pneumatik, termasuk aktuator rotari dan linier, serta konfigurasi katup kontrol yang berbeda.

5. Feedback System

Banyak elektro-pneumatik positioner daoat memberikan informasi tentang posisi aktuator, memungkinkan kontrol loop tertutup dan pemantauan kinerja sistem. Selain itu, mereka seringkali memiliki fitur diagnostik untuk mendeteksi kerusakan atau ketidaknormalan dalam sistem pneumatik.

Secara keseluruhan, elektro-pneumatik positioner memainkan peran penting dalam otomasi industri modern dengan menyediakan kontrol yang tepat, operasi jarak jauh, dan kemampuan integrasi untuk sistem pneumatik, berkontribusi pada peningkatan efisiensi proses, keamanan, dan keandalan.

Baca Juga : Distributor VTV Valve di Indonesia

BJMS Online merupakan Platform Jualan Online Valve & Instrument Terbesar dan Terpercaya di Indonesia. Kami memiliki misi untuk memberikanmu kemudahan dalam melakukan pemesanan produk kami secara Aman dan Instan

Ingin otomasi industri di Pabrik Anda?

Scan Barcode dibawah untuk menghubungi Team Berpengalaman dari BJMS sekarang!